assalamualaikum wr wb selamat datang di blog saya Riscie Amarullah semoga bermanfaat

Rabu, 12 Desember 2012

Pencemaran Udara

Pencemaran udara adalah masuknya zat-zat asing atau polutan ke dalam udara ambien atau udara yg ada disekitar kita , sehingga mempengaruhi keadaan normal udara ambien tersebut.
Adapun beberapa sumber utama yg menyebabkan terjadinya pencemaran udara ialah:
- Industri
- Transportasi
- Tempat pembuangan akhir (TPA) sampah

Aktivitas tersebut dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan manusia , tetapi tidak memperhatikan kelestarian dan keseimbangan lingkungan.
Pencemaran udara sangat berpengaruh sekali terhadap kesehatan manusia, karena udara adalah suatu kebutuhan dari manusia itu sendiri. Namun saat ini karena dari aktivitas manusia yang berlebihan telah merusak keadaan udara di bumi ini, sihingga dampak yang terjadi sangat siknifikan , terutama kasus global warming yang akhir - akhir ini terjadi di bumi kita.

Zat - zat pencemar atau polutan  yang telah tersuspensi di udara yang telah menyebabkan pemanasan global.
adanya gas CO2 , SO2 ,CO , dan lain - lain , yang telah menghambat atau menghalangi pantulan sinar matahari dari bumi , sehingga sinar yang seharus nya di pantulkan lagi ke atas langit atau atmosfir kembali memantul ke dalam bumi , sehingga terjadilah pemanasan global tyersebut.
Adapun dampak dari pemansan global tersebut ialah :



- Mencair nya gletser - gletser di kutub
- Menaiknya level permukaan air laut
- Perubahan iklim / cuaca yg semakin ekstrim

dari ke tiga dampak tersebut , itu adalah ancaman terbesar planet bumi kita .
Sebelum global warming ini terjadi , harus lah kita sebagai manusia bisa sadar akan bahaya dari pencamaran udara dan kita harus dapat mengurangi atau meminimalisir aspek yang paling memicu terjadinya global warming , ada pun solusi untuk menurun kan global warming ialah :

- Berhenti atau mengurangi makan daging
- Batasi emisi karbon dioksida
- Tanam lah lebih banyak pohon
-Daur ulang (Recycle ) Dan gunakan ulang ( Reuse )
- Gunakan alat transportasi alternatif

Dengan kita menerap kan solusi di atas maka Insya ALLAH pemanasan global akan berkurang dan kita pun yang ada di bumi akan merasa nyaman tanpa adanya ke khawatiran pada global warming.
Sebenarnya banyak dampak yang di timbulkan dari pencemaran udara , namun masalah yang paling penting pada pencemaran udara adalah global warming , maka sebaiknya kita sebagai manusia yang hidup di bumi tercinta ini dapat merawat bumi kita , agar tidak menimbulkan kerusakan - kerusakan bumi yang di akibat kan dari kita sendiri dan nantinya akan berdampak buruk terhadap diri kita sendiri , maka saya Riscie Amarullah mengatakan ayooooooooo kita go green !!!!!! ^_^


sumber : tulisan Riscie Amarullah :p


Sekian entri dari saya mudah - mudahan bermanfaat :)
Oia jangan lupa kunjungi blog band music saya disini yaa terimakasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar